BLOG ISD M5

 

 

RANGKUMAN MATERI SID

Transformasi Angkutan Umum Konvensional ke Angkutan Umum Berbasis Aplikasi

 



 

 

 

 

                   Nama         :         Muhammad hauzan dini fakhri

                   npm            :         50421984

                   Kelas       :         1IA01

 

 

 

 

 

Universitas gunadarma

 

2021

 

1. Sesi Pretest (gambaran Umum) :

 



 

            Moderator membuka presentasi dengan latar belakang obyek studi kasus terlebih dahulu untuk menyamakan prespektif antara moderator dengan para audience. Pada latar belakang juga dijelaskan beberapa gambaran umum, berikut latar belakangnya:

 

Latar Belakang

 

            Kehadiran transportasi berbasis aplikasi online kini semakin mendapat tempat di hati masyarakat. Pasalnya, masyarakat merasa terbantukan dalam melakukan perjalanan dengan kehadiran transpor-tasi tersebut. Di tengah carut marut pelayanan transportasi konvensional, kehadiran transportasi online seolah menjadi solusi jitu untuk melayani kebutuhan masyarakat dalam bepergian. Prinsipnya masyarakat ingin mendapatkan pelayanan yang murah, mudah, cepat, aman dan nyaman.

            Semua itu terjawab dengan pelayanan transportasi berbasis online. Celakanya, kehadiran angkutan umum yang menggunakan teknologi informasi itu memicu kecemburuan sopir-sopir transportasi konvensional, yang berujung pada unjuk rasa besar-besaran di ibu kota Jakarta pekan ini. Demonstrasi yang sudah lebih dari sekali dilakukan ini sangat bertolak belakang dengan keinginan pengguna transportasi publik pada umumnya. Di satu sisi, masyarakat mendukung kehadiran transportasi online.

           

2. Sesi Pembahasan :

 

            Tujuan dan Manfaat  adanya trasnportasi online:

·         Menciptakan lapangan kerja baru

·         Memperkenalkan Produk

·         Mudah bertransaksi jasa ataupun produk

·         Investasi



 

 

            a. Menciptakan Lapangan kerja baru :

 

            Dengan munculnya ojek online, tentu juga ada manfaatnya juga karena mau bagaimanapun teknologi akan terus     berkembang secara pesat

           

            b. Memperkenalkan Produk :

            Membantu para wirausahawan untuk memperkenalkan produk melalui iklan marketplace pelayanan aplikasi            ojek online

 

            c. Mudah bertransaksi jasa ataupun produk :

            Adanya layanan Transportasi online tentu bukan hanya produk jasa yang dapat dimanfaatkan tetapi juga produk             riil

 

            d. Investasi :

            Banyak kesempatan investasi baru dengan dibukanya lapangan kerja baru juga

 

3. Studi kasus:

 

            Ribuan massa dari obyek pangkalan dan supir angkutan umum dari berbagai desa dan kecamatan di             Wonosobo demo menolak beroprasinya ojek online.

            Mereka menuntut ojek online tidak beroprasi di wilayah Wonosobo



Sumber Referensi :

https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-4370057/pendapatan-turun-ojek-konvensional-di-wonosobo-tolak-ojol

Subyek :

 

1.    Pemerintah                 : Yang menangani kasus antara driver ojek konvensional dengan ojek online

2.    Ojek konvensional      : Yang menolak adanya driver transportasi Online

3.    Driver ojek online        : Subyek yang menjadi franchise Transportasi online

4.    Masyarakat                 : Yang mendukung adanya Transportasi online

 

Obyek :

 

            1. Transportasi Online

 

Hubungannya :

 


 

5. Solusi :

 

            Pemerintah perlu memberikan perlakuan yang sama kepada penyedia transportasi, dengan berorientasi pada perlindungan masyarakat, termasuk perlindungan bagi masyarakat untuk mencari nafkah dan menjalankan pekerjaan.

 

            Pemerintah harus tegas dan adil kepada semua pihak terkait, baik para pengemudi angkutan umum konvensional, para driver transportasi berbasis online, maupun konsumen sebagai pengguna layanan transportasi

 

6. Link youtube

 

https://youtu.be/FQHwN_8ZLu8

 

 

Komentar